DOREMON DJAYA

Tips Menjaga Kebersihan Closet Duduk

Nov 18, 2020 | Tips | 0 comments

menjaga kebersihan closet

Tips menjaga kebersihan closet duduk, persembahan dari Doremon Djaya. Closet duduk sering kita temui di dalam rumah, kamar mandi maupun di tempat-tempat umum sebagai fasilitas. Meskipun keberadaanya di tempat kecil “belakang”, serta sering kali diabaikan, toilet dan kamar mandi mempunyai manfaat khusus dalam penciptaan citra. Sampai ada suatu ungkapan yang menyebutkan “jika anda ingin melihat kebersihan suatu tempat, tengoklah toilet dan kamar mandinya”. Pada era kehidupan modern seperti sekarang ini, closet duduk mungkin menjadi salah satu pilihan yang lebih banyak dipakai karena sederhana serta lebih nyaman. Dari segi estetika juga terlihat lebih elegan dan mewah.

Bagi beberapa orang, toilet tidak hanya sekedar sebagai tempat buang hajat, akan tetapi juga bisa menjadi tempat berimajinasi untuk mencari ide-ide brilian. Maka dari itu, alangkah baiknya jika toilet selalu dalam keadaan bersih serta nyaman, demikian pula dengan closet nya. Hal ini terutama untuk toilet-toilet di tempat publik yang perlu memenuhi standar dari Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia.

Standarisasi yang telah dibuat oleh pemerintah tersebut diharapkan bisa meregulasi penyediaan toilet dan kamar mandi publik yang bersih dan juga sehat. Seringkali orang seperti merasa kurang sadar bilamana toilet dan juga kamar mandi berperan untuk tempat membersihkan tubuh, justru kurang diperhatikan kebersihannya. Hal tersebut sering kita lihat di toilet serta kamar mandi yang kerap kali didapati dalam keadaan kotor, berbau, gelap, juga pengap. Menyedihkannya lagi, kamar mandi dan toilet dalam keadaan seperti itu banyak kita temukan di tempat-tempat umum, seperti; terminal, pom bensin, pom bensin, pabrik, dan tempat umum lainnya.

Langkah-langkah Membersihkan Closet Duduk

Hal pertama yang perlu kita persiapkan yaitu bahan pembersih, yang nanti berguna untuk menghilangkan kerak membandel yang telah melekat pada toilet/WC. Bahan yang ampuh untuk membersihkan kerak membandel di toilet/WC salah satunya adalah larutan HCL.

Kemudian siapkan cairan pembersih keramik seperti yang banyak dijual di minimarket. Cairan ini selain bisa membersihkan kerak membandel juga wangi dan bisa membuat keramik mengkilap seperti sedia kala. Apabila semua bahan sudah lengkap, jangan lupa untuk menyiapkan masker, sarung tangan, juga ampelas halus, serta peralatan pendukung lainnya sesuai kebutuhan.

Tips menjaga kebersihan closet duduk dari kerak membandel selanjutnya yakni dengan cara menyiram seluruh permukaan toilet/WC secara merata dengan larutan HCL yang sudah dipersiapkan. Cukup tunggu sebentar sekitar 5 menit, kerak tersebut bakal terlarut dari permukaan dinding toilet/WC. Kemudian siram dengan air hingga bersih.

Baca juga: Bagaimana Cara Septic Tank Bekerja?

Bila tetap masih ada kerak yang tersisa, janganlah menggunakan larutan HCL lagi. Lebih baik gunakan ampelas halus untuk membersihkannya, karena kerak itu sekarang lebih mudah terkelupas.

Langkah setelahnya biar kerak–kerak tak kembali lagi, Anda bisa gunakan cairan pembersih keramik yang sudah disiapkan sebelumnya. Cairan ini sesungguhnya sangat manjur untuk membersihkan kerak yang masih tersisa di permukaan dinding toilet/WC. Setelah dibersihkan menggunakan beberapa bahan tadi, biasanya kerak tidak lagi ada jika rajin dibersihkan. Namun, apabila jarang dibersihkan, maka jangan kaget kalau kerak akan hadir kembali dan membuat WC duduk menjadi kotor.

Setelah langkah-langkah tersebut selesai, jangan lupa untuk membilasnya kembali dengan air bersih, baru kemudian bisa kita kerjakan langkah terakhir. Bersihkan permukaan toilet/WC menggunakan deterjen, kemudian sesudahnya bilas kembali dengan air sampai benar-benar bersih.

WC Kotor Penyebab Penyakit

Tahukah Anda apabila di kamar mandi dan toilet menjadi tempat berkembang bakteri-bakteri jahat yang siap mengancam kesehatan. Salah satunya adalah bakteri E-coli yang bisa mesuk melalui pembuluh darah. Hal tersebut bisa menyebabkan infeksi yang menjalar ke seluruh bagian tubuh. Oleh sebab itu, menjaga kebersihan WC/toilet dan kamar mandi sangatlah penting.

Selain bakteri, di kamar mandi dan WC yang lembab akan menjadi tempat tumbuhnya berbagai jenis jamur. Karena kulit akan bersentuhan langsung dengan permukaan toilet/WC duduk, maka jenis WC ini lebih rawan dalam menyebarkan penyakit dibanding WC jongkok. Penyakit akibat jamur di toilet antara lain; tinea kruris dan kandidias.

Mulai dari sekarang kita harus selalu menjaga kebersihan kamar mandi serta toilet di rumah agar terhindar dari penyakit akibat jamur dan bakteri. Dan juga harus berhati-hati bila akan menggunakan WC/toilet duduk di tempat public, selalu cek kebersihannya sebelum menggunakan.

Akhir kata, semoga artikel mengenai tips menjaga kebersihan closet duduk dapat bermanfaat untuk Anda semua. Apabila toilet/WC Anda mampet, mengeluarkan bau tak sedap atau sudah penuh, bisa menghubungi Doremon Djaya. Kami merupakan ahli sedot WC di Semarang yang bisa Anda percaya.

You May Also Like

No Results Found

The page you requested could not be found. Try refining your search, or use the navigation above to locate the post.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *