DOREMON DJAYA

Tanda-tanda Septic Tank Penuh, Saatnya Panggil Jasa Sedot WC

Nov 26, 2020 | Septic Tank | 0 comments

sedot wc semarang

Anda harus bisa mengenali tanda-tanda septic tank penuh agar tidak semakin parah. Septic tank adalah lokasi di rumah atau perkantoran yang dijadikan untuk tempat penampungan serta mengolah limbah. Masalah sering terjadi pada septic tank apabila kita tidak pernah memperhatikannya, ya mungkin karena tempat dan lokasinya.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah septic tank yang terlalu penuh sampai menyebabkan saluran mampet, jika sudah demikian saatnya Anda membutuhkan jasa sedot WC. Tahukah Anda, sebenarnya ada tanda-tanda di mana septic tank terjadi masalah.

Tanda Septic Tank Penuh, Muncul Bau Menyengat

Neni Sintawardani, seoarang peneliti utama dari Teknologi Lingkungan Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, menjelaskan tanda-tandanya apabila septic tank perlu segera disedot yakni bau menyengat. Beliau menjelaskan bahwasannya bau tersebut berasal dari gas hidrogen sulfida (H2S) yang diakibatkan penguraian secara alami oleh bakteri.

Jadi, jika Anda sudah mulai mencium bau tak sedap yang keluar dari area septic tank atau WC, maka itu bisa menjadi tanda saatnya harus segera disedot. Silahkan segera panggil ahli kuras WC agar tidak terjadi masalah yang lebih serius.

Tanda selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu limbah maupun sampah yang susah untuk dialrkan saluran pembuangan atau justru kembali muncul dari saluran pembuangan. Hal tersebut menjadi tanda kalau saluran mampet karena sudah penuh.

Seberapa Sering Septic Tank Harus Disedot?

Masih banyak masyarakat yang kurang mengerti mengenai penggunaan sebenarnya septic tank untuk apa. Kejadian baru-baru ini di Cakung, Jakarta Timur, sebuah septic tank meledak menjadi pusat perhatian masyarakat. Hal tersebut karena orang-orang tidak bisa mengenali tanda septic tank penuh.

Sebenarnya ada pertanyaan yang sering dilontarkan akan seberapa seringkah WC harus disedot agar septic tank tidak penuh. Memang ada beberapa orang yang WCnya tidak pernah disedot. Namun, ada juga sebagian orang yang harus melakukan sedot WC beberapa tahun sekali.

Kembali lagi menurut pakar dari LIPI, bahwasannya septic tank yang baik sebenanrnya tidak perlu disedot. Apabila proses penguraian berjalan normal, jumlah limbah yang masuk seimbang dengan yang keluar, maka septic tank tidak akan penuh dan harus disedot.

Jadi, kesimpulannya, septic tank tidak perlu disedot apabila penguraian limbah secara alami oleh mikroba bekerja dengan semestinya. Mikroba tersebut akan mengurai limbah yang masuk hingga keluar, kemudian sebagian mikroba mati, sebagian hidup kembali, dan akan seperti itu terus. Namun, saat ini yang terjadi di berbagai tempat menganggap septic tank hanya sebagai penampung tinja, fungsi sebenarnya tidak diterapkan dengan benar. Oleh sebab itu perlu adanya penyedotan setiap beberapa saat.

Jasa Sedot WC di Semarang, Jawa Tengah

Bagi Anda, khususnya warga Semarang dan sekitarnya, setelah membaca artikel ini diharapkan selanjutnya bisa dengan mudah mengenali tanda-tanda septic tank penuh. Dan apabila Anda membutuhkan jasa sedot WC segera bisa menghubungi Doremon Djaya. Sebagai pelopor jasa sedot dan kuras WC di Semarang, Doremon Djaya selalu siap melayani panggilan 7×24 jam. Armada serta tenaga profesional Doremon Djaya selalu stand by kapan pun Anda membutuhkan keahlian kami.

Untuk dalam kota kami melayani jasa sedot WC Semarang Tengah, Semarang Utara, Semarang Barat, Semarang Selatan dan Semarang Timur. Sedangkan untuk wilayah sekitar Semarang, antara lain melayani; Kendal, Kaliwungu, Ungaran, Salatiga, Demak, Purwodadi, Jepar, Kudus, dll.

You May Also Like

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *